Siap Terapkan SERASI, Balai "Gau Mabaji" Pererat Mitra dengan KPPN II

  • Siap Terapkan SERASI, Balai "Gau Mabaji" Pererat Mitra dengan KPPN II
  • WhatsApp Image 2020-10-02 at 14.15.26 (2)
  • WhatsApp Image 2020-10-02 at 14.15.26 (1)
  • WhatsApp Image 2020-10-02 at 14.15.25
GOWA (1 Oktober 2020) - Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial RI di Lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial mendapatkan amanah sebagai piloting pelaksanaan Sentra Layanan Rehabilitasi Sosial (SERASI).

Selain layanan untuk lanjut usia, pembangunan SERASI juga untuk memperluas jangkauan pelayanan lima kluster Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial yaitu Anak, Penyandang Disabilitas, Korban Penyalahgunaan Napza, serta Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang. 

Pelaksanaan SERASI memastikan Penerima Manfaat dapat terpenuhi hak dasarnya dalam perlindungan keluarga melalui program
Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). 

Sebagai salah satu upaya mempersiapkan balai dalam pelaksanaan SERASI adalah dengan membangun jejaring kerja yang lebih luas. Pada kesempatan ini, Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa mempererat jejaring kerja dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II.

Dalam penerimaan tim KPPN Makassar, Kepala Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa, Syam Wuryani sangat mengapresiasi atas kunjungan Kepala KPPN Makassar II dan menyampaikan rasa terimakasihnya karena telah membantu kelancaran pelaksanaan pencairan anggaran program-program Balai.

“Kami memberikan apresiasi atas kunjungan Kepala KPPN Makassar II ini dalam memberikan dukungan dan pendampingan proses pencairan anggaran khususnya  Bantuan Sosial Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia selama masa pandemi Covid-19” Ujar Yani.

KPPN Makassar II mengunjungi Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa yang merupakan salah satu satuan kerja (satker) yang berada dibawah wilayah jangkauan kerjanya. Selama bekerjasama dengan KPPN Makassar II dimasa pandemi COVID-19, banyak kemudahan yang didapatkan karena proses pencairan anggaran telah menggunakan aplikasi online.

Beberapa kegiatan lebih efisien dan efektif, seperti konsultasi dapat dilakukan melalui aplikasi Yuskanov19, pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) melalui e-SPM , pengajuan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP) melalui inovasi kawal SKPP, Pengajuan laporan saldo rekening, Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) rekening, dan konfirmasi pajak diunggah melalui portal KPPN Makassar II.

Dalam kunjungannya, Kepala KPPN, Adi Setiawan, menyampaikan bahwa kunjungannya ini dilaksanakan dalam rangka Evaluasi dan Pelaksanaan Anggaran.

“Kami melakukan kunjungan di Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa ini dalam rangka pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran,” ujar Adi.

KPPN Makassar II juga memberikan apresiasi terhadap pencapaian realisasi anggaran Balai yang cukup tinggi diantara satuan kerja lainnya.

“Kami melihat realisasi anggaran disini sudah tinggi dan baik, hanya perlu ditingkatkan pada pelaporan pencapaian output kegiatan,” tambahnya.

Selain diskusi mengenai evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran, tim KPPN Makssar II juga berkesempatan melihat lingkungan sekitar Balai dan menilik bangunan yang sedang dalam proses pengerjaan renovasi.

Diakhir kegiatan, tim KPPN Makassar II menyampaikan dukungannya terhadap semua program yang akan dilaksanakan oleh Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa.

Penulis :
Humas Balai Gaumabaji Makasar
Editor :
Annisa YH

Bagikan :